6 Langkah Mudah untuk Pakai Serum Eksfoliasi Tanpa Iritasi

6 Langkah Mudah untuk Pakai Serum Eksfoliasi Tanpa Iritasi

#Taukahkamu eksfoliasi termasuk salah satu rutinitas perawatan kulit yang biasa dilakukan untuk menjaga kulit wajah tetap bersih, sehat, dan bebas jerawat. Proses eksfoliasi kulit ini dimulai dari lapisan terdalam epidermis tempat sel kulit tumbuh.

Sel kulit yang baru akan muncul perlahan menuju lapisan kulit epidermis sampai dengan lapisan terluar kulit. Saat sel kulit baru ini sampai pada lapisan terluar kulit, sel kulit akan mati dan siap dibuat untuk menumbuhkan sel kulit baru dan proses ini berulang terus. Lalu bagaimana sih cara pakai serum eksfoliasi yang tepat?

1.   Gunakan Sesuai Aturan Pakai Produk

Produk exfoliating serum ada beragam jenisnya. Ada yang harus dibilas, ada yang bisa didiamkan saja lalu dilanjutkan dengan pemakaian produk skincare lainnya, seperti moisturizer dan sleeping mask.

Biasanya, yang harus dibilas itu punya kadar acid yang tinggi, sehingga akan terasa tingling dan cukup dipakai 10-15 menit saja. Sementara, yang tidak dibilas itu AHA BHA atau PHA-nya tidak terlalu tinggi. Agar mendapat hasil maksimal, kamu gunakan sesuai cara pakai yang direkomendasikan.

2.   Pilih Kandungan yang Sesuai dengan Kondisi Kulit

Menurut beberarapa penelitian untuk kulit normal dan kombinasi bisa menggunakan glycolic acid. Karena di antara semua produk AHA, glycolic acid memiliki bentuk molekul yang paling kecil. Ini berarti zat glycolic acid lebih mudah diserap oleh kulit dan bekerja lebih cepat dari zat asam lainnya.

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, kamu bisa menggunakan lactic acid. Lactic acid ini termasuk kandungan yang paling ringan dan lembut di antara zat AHA lainnya.

Selain itu, lactic acid ini juga bersifat lebih melembapkan dibandingkan glycolic acid. Kandungan ini melembapkan sekaligus membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga membuat kulit lebih cerah dan lembut.

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat akan lebih cocok menggunakan salicylic acid. Hal ini dikarenakan zat BHA bersifat anti radang dan anti bakteri. Kandungan salicylic acid termasuk sebagai karbohidrat kompleks ini dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit. Kandungan ini juga dapat membersihkan pori kulit hingga lapisan terdalam.

INEZ Exfoliating serum bisa digunakan semua jenis kulit, melainkan perlu dipastikan digunakan sesuai dengan aturan pakai. INEZ Exfoliating serum dengan BHA dan 9% AHA, mengangkat sel kulit mati di wajah, menyamarkan noda hitam, bekas jerawat dan mengurangi tampilan kulit kusam, serta sebagai booster kinerja skin care. Untuk kulit tampak lebih cerah, sehat, dan terasa kenyal. Mengandung dipotassium glycyrrhizate dari licorice root extract serta ekstrak witch hazel untuk membantu mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit.

3.   Aplikasikan Produk Hidrasi Setelahnya

Setelah eksfoliasi, kamu bisa menggunakan toner atau pelembap yang dapat menghidrasi kulit dan menenangkan kulit setelah memakai produk eksfoliasi. Seperti produk INEZ BALANCED SKIN TONER Toner atau penyegar wajah untuk kulit normal cenderung kering yang berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah dan meringkas pori-pori kulit. Mengandung Salicylic Acid yang membantu melepas sel kulit mati dan Panthenol untuk memberikan nutrisi & melembabkan kulit.

4.   Jangan Digunakan Terlalu Sering

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda meskipun masih ada dalam satu kategori. Jadi, kamu perlu mengetahui kapan kulitmu menunjukkan tanda bahwa eksfoliasi yang dilakukan sudah berlebihan.

Kulit normal atau berminyak biasanya perlu melakukan eksfoliasi sebanyak 1-3 kali seminggu. Jika jenis eksfoliasi kimia yang dilakukan bersifat lembut atau terbuat dari ekstrak natural, kamu cukup menggunakan 1-3 kali seminggu tidak perlu setiap hari.

5.   Selalu Gunakan Sunscreen

Setelah melakukan eksfoliasi di malam hari, kamu wajib menggunakan sunscreen pada siang harinya. Karena, kulit wajahmu lebih sensitif pada sinar matahari setelah menggunakan kandungan exfoliant. Maka dari itu, perlindungan dari sunscreen ini akan meminimalisir gejala iritasi pada kulitmu.

6.   Pakai Juga di Area Leher

Sama seperti produk skincare apapun yang kamu aplikasikan di seluruh wajah, exfoliating serum juga sebaiknya dipakai sampai ke leher. AHA BHA juga bagus untuk meminimalkan wrinkles jadi lehermu juga bisa terlihat kencang dan bersih. Kulit wajah glowing dan leher juga tidak kusam sehingga warnanya tidak terlalu berbeda.

Share This Article

admin1