Punya Bercak Putih pada Wajah? Bisa Jadi Kamu Mengalami Gejala Penyakit Ini!

Punya Bercak Putih pada Wajah? Bisa Jadi Kamu Mengalami Gejala Penyakit Ini!

Ladies, kamu punya bercak putih pada wajah? Jangan terburu-buru menganggap itu jamur! Bisa jadi kamu justru mengalami Pityriasis Alba. Meskipun tidak berbahaya, tapi gangguan pada kulit ini bisa mengurangi rasa percaya diri kamu. Karena itu, cari tahu lebih jauh tentang Pityriasis Alba dan cara mengatasinya yuk!

 

Apa itu Pityriasis Alba?

Sekilas, Pityriasis Alba seringkali dikira sebagai panu. Hal ini karena kedua gangguan kulit ini punya bentuk yang mirip. Pityriasis Alba dan panu sama-sama memiliki bentuk bercak putih dan bersisik. Beberapa Pityriasis Alba terasa gatal, tapi pada sebagian orang gangguan ini justru tidak menimbulkan rasa apapun.

Perbedaan panu dan Pityriasis Alba adalah dari penyebabnya. Jika panu disebabkan oleh jamur, maka Pityriasis Alba lebih disebabkan karena sifat kulit sensitif (atopi). Bahkan, sebagian orang yang menderita Pityriasis Alba diketahui juga pernah memiliki riwayat Dermatitis Atopik.

Meskipun begitu, Pityriasis Alba bisa juga disebabkan karena kulit sering terpapar matahari secara langsung. Bahkan gangguan kulit ini bisa juga disebabkan karena terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Karena itu, sangat penting untuk merawat dan melindungi kulit setiap hari untuk mencegah dan mengatasi Pityriasis Alba. Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Pityriasis Alba.

 

Rajin Mencuci Wajah

Membersihkan wajah dengan facial foam adalah yang sangat penting untuk dilakukan, terutama pada malam hari sebelum tidur. Selama seharian, kulit akan terpapar debu, keringat, dan sisa makeup. Jika tidak dibersihkan, kotoran ini akan menyumbat kulit dan menimbulkan beragam gangguan, termasuk Pityriasis Alba.

Untuk membersihkan wajah, ada baiknya kamu memilih facial foam yang bebas minyak seperti Inez Oilfree Facial Foam. Pembersih wajah ini mengandung Polyethylene dan Mild Surfactant yang mampu membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah sekaligus mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

 

Lakukan Eksfoliasi

Membersihkan wajah setiap hari ternyata tidak cukup untuk mengangkat seluruh sel kulit mati. Kamu perlu melakukan eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu untuk membantu kulit melepaskan sel kulit yang sudah mati dan menggantinya dengan kulit baru yang lebih sehat. Namun, pilih eksfoliator yang ringan agar tidak mengiritasi kulit ya, Ladies. Salah satu produk eksfoliasi yang bisa kamu pilih adalah Inez Mild Scrub Gel for Delicate Skin.

Produk ini mengandung Polyethylene yang bisa membersihkan dan mengangkat sel kulit mati, namun juga mengandung pelembap yang bisa menjaga agar kulit kamu tidak kering. Inez Mild Scrub Gel for Delicated Skin juga sangat mudah dipakai. Kamu hanya perlu mencampur produk ini dengan sedikit air, lalu gosok lembut pada wajah selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu, bilas dan keringkan dengan handuk lembut.

 

Gunakan Moisturizing Gel

Agar cepat hilang, Pityriasis Alba tidak boleh didiamkan begitu saja. Kamu perlu menggunakan produk kulit khusus yang bisa mengatasi masalah kulit ini. Salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah Inez Precious Cool Moist Gel. Produk ini mengandung Allantoin yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga mempercepat proses regenerasi kulit. Sementara itu, gel serba bisa ini juga mengandung Covafresh sebagai cooling agent dan pelembap kulit.

Kamu bisa menggunakan produk ini setidaknya dua kali sehari dengan mengoleskan produk ke seluruh wajah, kemudian tekan wajah dengan lembut agar produk lebih mudah diserap oleh kulit. Dengan pemakaian yang teratur, maka Pityriasis Alba pada kulit akan lebih cepat hilang.

 

Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Segala perawatan kulit akan jadi sia-sia jika kamu tidak melindunginya dari sinar matahari langsung. Sebaiknya selalu gunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat sinar matahari tidak bersinar terik sekalipun. Pilih sunscreen yang ringan seperti Inez Sunrays Blocking Cream with Oil Control.

Inez Sunrays Blocking Cream with Oil Control mengandung Octhyl Cinamate yang bisa mencegah kulit terpapar sinar UV B. Selain itu kandungan Benzophenon 3 pada produk ini berperan sebagai anti UV A kimiawi dan Titanium Dioxide sebagai anti UV fisik. Dengan perlindungan maksimal ini, kamu tak perlu takut lagi beraktivitas di siang hari. Selain itu, produk ini juga mengandung Extract Cinammon dan Clycine yang bisa mengurangi produksi sebum, anti bakteri dan anti acne. Sementara kandungan Allantoine bisa merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Nah, itu dia beberapa hal mengenai Pityriasis Alba dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Dengan penanganan yang tepat, Pityriasis Alba akan lebih mudah hilang dan kamu pun akan menjadi lebih percaya diri.

Share This Article
  •  
  •  
  •  
  •  

admin1

Leave a Comment

Your email address will not be published.